Nikmatnya Buah Kurma, Sudah Tahu Belum Macam-Macam Jenisnya?

Kategori : Features, Ditulis pada : 31 Agustus 2023, 16:42:42

Salah satu oleh-oleh khas Arab atau Timur Tengah yang paling terkenal yaitu kurma. Kurma menjadi favorit jamaah haji dan umrah sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke tanah air. Buah yang rasanya manis ini ternyata sangat banyak jenisnya dan juga kaya dengan manfaat.

Kurma juga merupakan buah yang disukai Nabi yang sering dikaitkan dengan bulan Ramadhan, karena sering dikonsumsi saat berbuka puasa. Bahkan menjadi sunnah Nabi mengkonsumsi kurma di waktu pagi. Seperti dalam riwayat berikut ini:

Dari Saad bin Abi Waqash RA, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa memakan tujuh butir kurma yang tumbuh di antara batu-batu (di Madinah) saat pagi, maka ia tak akan celaka terkena racun (sihir) sampai petang.”

46.jpg

Photo by Mona Mok on Unsplash

Selain itu, Nabi SAW juga menganjurkan untuk makan kurma sebelum shalat Id pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Hal ini untuk mengingatkan bahwa ada larangan untuk tidak berpuasa ketika 1 Syawal dan 1 Dzulhijjah.

“Rasulullah tidak berangkat Shalat Idul Fitri hingga beliau makan beberapa kurma.” (HR. Bukhari)

Nah, buat Anda yang menyukai buah kurma ini pasti penasaran kan, apa saja jenis-jenis kurma yang bisa Anda coba? Yang pasti, semua jenis kurma memiliki kandungan manfaat ketika dikonsumsi dan memiliki rasa yang legit tergantung selera masing-masing. Yuk, simak selengkapnya jenis-jenis dan manfaat kurma dalam ulasan berikut ini!

Ajwa

Kurma Ajwa juga dikenal dengan nama “Kurma Nabi”. Menurut asal mulanya pohon kurma ini pertama kali ditanam| oleh Nabi ketika di Madinah, tepatnya di dekat Masjid Quba. Nama Ajwa diambil dari nama anak dari sahabat Rasulullah yaitu Salman A-Farisi, atas jasanya memberi wakaf kebun kurma untuk perjuangan umat Islam.

Nabi sangat suka kurma Ajwa untuk dimakan sehari-hari. Dalam salah satu hadits disebutkan, “Barang siapa yang makan kurma Ajwa sebanyak tujuh butir di pagi hari, sepanjang hari itu ia akan terhindar dari racun dan sihir.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kurma Ajwa adalah jenis kurma yang menjadi idola di kalangan umat muslim, terutama untuk oleh-oleh haji dan umrah. Kurma Ajwa mempunyai ciri danging buah yang lembut, warnanya kehitaman dan tampak salur-salur putih pada kulit buahnya menjadi ciri khas yang membedakan kurma ini dengan jenis lainnya. Karena khasnya kurma ini, harga kurma Ajwa lumayan tinggi di antara jenis kurma lainnya.

48.jpg

Photo by Naim Benjelloun from Pexels

Kurma Ajwa juga memiliki banyak kandungan nutrisi sehingga baik untuk kesehatan, terutama untuk ibu hamil dan menyusui. Ingat tentang kisah Maryam ibunda Nabi Isa yang juga makan buah kurma sehingga nantinya anaknya menjadi anak yang pandai dan penyabar. Kurma juga baik untuk masa pertumbuhan anak-anak utamanya untuk sumsum tulang belakangnya.

Medjool

Kurma Medjool adalah jenis kurma yang asalnya dari Amerika Serikat. Salah satu ciri khasnya adalah buahnya yang berukuran lebih besar bila dibandingkan dengan jenis kurma lainnya yaitu antara 10-15 cm. Kurma ini berwarna coklat muda, dengan kulit daging yang tebal. Kurma Medjool memiliki tekstur yang empuk dan lembut serta rasanya manis dan legit. Tak heran jika kurma ini biasa disebut sebagai “Kurma Raja” atau “Berlian Kurma”.

tidak jauh beda dengan manfaat kurma yang lain, kurma Medjool juga memiliki kandungan fruktosa dan glukosa alami yang berperan sebagai karbohidrat sederhana sebagai sumber energi. Kurma ini pas untuk dikonsumsi ketika sahur, karena juga banyak kandungan vitamin, mineral dan kalium yang merupakan serat alami sehingga membuat rasa kenyang yang cukup lama setelah mengonsumsinya.

Kurma Sukkari

Nama kurma Sukkari mengambil dari bahasa Arab yaitu ‘sukkur’ yang berarti gula, tidak heran bila kurma ini memiliki cita rasa yang manis. Tekstur kurma Sukkari sangat lembut dagingnya seperti karamel. Kurma sering menjadi menu wajib untuk berbuka puasa di Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi, termasuk jenis kurma Sukkari ini. Kurma Sukkari dibudidayakan di wilayah Al-Qaseem, Arab Saudi.

Kurma Sukkari memiliki banyak sekali kandungan nutrisi antara lain: zat besi, vitamin A, asam amino, magnesium dan sebagainya. Sehingga kurma Sukkari sangat bermanfaat bagi kesehatan antara lain bisa menyehatkan pencernaan, mengatasi anemia, menjaga kesehatan mata, mengatasi karies gigi, menurunkan kolesterol, untuk kesehatan kulit bahkan untuk diet. Selain dimakan langsung, kurma Sukkari juga cocok untuk campuran jus. 

Khalas

Kurma khalas adalah salah satu kurma yang disebut superfood karena kaya akan manfaat. Khalas secara bahasa berarti selesai atau dalam makna lain khalas berarti sempurna. Sehingga sesuai dengan namanya kurma ini menjadi kurma dengan kelezatan yang tiada tara.

Kurma khalas memiliki warna cokelat kemerahan, teksturnya lembut serta agak lengket. Rasanya pun sangat manis seperti karamel, selera bagi penyuka rasa manis. Kurma khalas juga punya banyak manfaat, kurang lebih seperti kurma Sukkari yang telah dijelaskan di atas. Akan tetapi, keunikan lain dari kurma khalas adalah kurma ini bisa dinikmati dalam 3 fase. Yaitu kurma segar (khalal), kurma matang (ruthab), dan kurma kering (tamr).

47.jpg

Photo by Quintin Gellar from Pexels

Nah, itulah berbagai macam jenis kurma dan manfaatnya bagi kesehatan. Sebenarnya masih banyak lagi jenis kurma (sekitar empat ratus lebih jenis kurma) yang bisa menjadi alternatif bagi Anda antara lain kurma Barhee, kurma Halawy, kurma Deglet Noor (kurma Tunisia), kurma Zhaghloul, kurma Fard, dan lain sebagainya, namun belum dapat kita bahas satu persatu.  

Mendekati bulan suci Ramadhan, kurma sudah mulai gampang didapatkan karena banyak yang menyediakan kurma sebagai santapan ketika sahur atau berbuka, juga suguhan saat lebaran. Jika Anda ke tanah suci, jangan lupa pilih kurma sebagai salah satu buah tangan wajib untuk dibawa pulang ke tanah air. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang ini kurma cukup mudah dibeli di Indonesia terutama di toko khusus oleh-oleh haji dan umrah. Selamat mencoba buah kurma ya!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id